Selasa, 14 Mei 2013

Build Your Better Future With "ESL"



            Apa itu ESL?

            ESL merupakan singkatan dari Ekonomi Sumber daya dan Lingkungan. Termasuk salah satu departemen di Fakultas Ekonomi dan Manajemen Institut Pertanian Bogor. Mungkin masih banyak orang yang tidak tahu perihal departemen ini, baik mata kuliah apa saja yang akan dipelajari maupun prospek ke depannya.

            ESL merupakan departemen atau jurusan pertama dan satu-satunya di Indonesia yang mempelajari ilmu ekonomi terkait dengan permasalahan pengelolaan sumber daya alam dan lingkungan. Istilahnyapioneer.

            Latar belakang didirikannya ESL karena sudah banyak masalah lingkungan  yang terjadi di dunia. Masalah-masalah lingkungan ini termasuk penggunaan sumber daya alam yang berlebihan dan terkesan mengeksploitasi, penebangan hutan secara liar, dan lahan yang kosong dijadikan sebagai perumahan atau industri perkantoran.

            ESL menganut asas Green Economy. Green economy adalah sebuah rezim ekonomi yang meningkatkan kesejahteraan manusia dan kesetaraan sosial, sekaligus mengurangi risiko lingkungan secara signifikan. Green economy juga berarti perekonomian yang rendah atau tidak menghasilkan emisi karbon dioksida dan polusi lingkungan, hemat sumber daya alam dan berkeadilan sosial.

            Mata kuliah mayor ESL adalah ekonomi pertanian, ekonomi sumber daya, dan ekonomi lingkungan. Secara garis besar, ESL mempelajari bagaimana menggunakan sumber daya alam secara efektif dan efisien sehingga dapat memenuhi seluruh kebutuhan manusia tanpa harus merusak lingkungan. Baik sumber daya alam yang dapat diperbaharui maupun yang tidak.

            Intinya sih, departemen ESL bertujuan untuk membentuk moral generasi muda untuk lebih mencintai lingkungan, menghasilkan generasi muda yang lebih peduli terhadap lingkungan, dan menjembatani generasi muda untuk mencari jalan keluar dalam permasalahan pelik yang sedang dihadapi oleh dunia, yaitu global warming.

Sumber: esl.fem.ipb.ac.id dan wikipedia